“Toron” Pulang Kampung Ke Madura Saat Lebaran

oleh

SURABAYA,rakyatjelata.com– Mudik merupakan satu kegiatan pulang ke kampung halaman yang dilakukan oleh setiap orang menjelang liburan saat lebaran. Dalam menyambut momentum lebaran para pekerja yang berada di kota akan kembali ke daerahnya masing masing guna bertemu sanak saudara di kampung.

Nampak Kepadatan Menjelang Pintu Tol Suramadu ( Foto By Kukuh )

Begitu juga tak ubahnya masyarakat Madura, mereka juga melakukan hal serupa dalam menyambut lebaran. Warga Madura yang merantau ke luar kota akan “Toron” (mudik) ke kampung halamanya. Karena “Toron” saat Lebaran seperti ini menjadi momentum yang sangat penting. Meskipun sanak saudara berada jauh di luar kota namun tak akan lupa “Toron” ke Madura guna bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak family.

Ruas Jalan Khusus R2 ( Foto By Kukuh )

Menjelang H-2 Lebaran jembatan Suramadu menjadi jalur alternatif utama ke pulau Madura. Terlihat bagaimana antrian panjang di gerbang tol Suramadu ini. Puncak arus mudik ini sudah mulai terlihat mulai dari pagi hingga diperkirakan saat malam menjelang nanti.

Salah satu pemudik Salamun asal surabaya yang akan “Toron” ke kota Sampang memilih mudik menggunakan sepeda motor guna menghindari kemacetan yang emang sudah lumrah tiap tahunya  menjelang Lebaran. Saya mending naik sepeda motor aja mas, kalo hari gini akan terjadi macet panjang di karenakan banyak orang dari luar kota semua “Toron” saat Lebaran seperti ini. terangnya saat di temui rakjatjelata di gerbang tol sepeda motor di tol jembatan Suramadu.(Kkh/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *