Sang LURAH HEBAT dari Desa Ponggok Klaten JATENG

by

Klaten,rakyatjelata.com- Desa Ponggok di Klaten jawa tengah, termasuk desa tertinggal, miskin,dan juga jumlah pengangguran menumpuk, rentenir berkeliaran yang lazim kita kenal dengan sebutan Bank Keliling.

Tahun 2006 silam di desa Ponggok diadakan pemilihan Kades, dan yang terpilih sebagai Kades yaitu JUNAEDI. Setelah pelantikan, Kades terpilih bersumpah akan totalitas mengabdi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di desanya.

Kades Juned sapaan akrabnya, langsung menyurati LPPM UGM yang isi dari surat tersebut memohon agar dikirim duta mahasiswa KKN TEMATIK, Setelah menunggu balasan dari fihak LPPM UGM, akhirnya Langsung ada jawaban dari LPPM UGM yaiti dengan 3 gelombang penelitian.

KKN ke 1 : Mendata kemiskinan dan pengangguran
KKN ke 2 : Mulai mendata potensi desa
KKN ke 3 : Dikirim mahasiswa guna memetakan Pemberdayaan ekonomi.

Dengan database lengkap yang dimiliki, Kades Junaedi mulai bergerak : Bumdes ( Badan Usaha Milik Desa ) di bentuk potensi pariwisata air dan benar benar dikerjakan secara optimal, alhasil wisatawan mulai berdatangan.

Perikanan & Pertanian dikawal dengan baik sehingga secara tidak langsung telah memberi tambahan secara finansial bagi warganya. Tercatat hingga hari ini pendapatan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten , sudah mencapai angka puluhan milyar ( 2016=Rp.10.000.000.000 , 2017=Rp.12.000.000.000). Dengan adanya program tersebut akhirnya tiap keluarga di desa tersebut berani investasikan uangnya Rp.5.000.000/Kk, Paud dan tiap RW juga diwajibkan investasi. Keuntungan yang di peroleh perbulan bisa mencapai 10%.

Ponggok terus bergerak maju, meskipun pimpinan daerah terus kisruh, Junaedi menyantuni semua lansia yang ada di desa, Dan mewajibkan setiap satu rumah wajib mencetak satu sarjana dengan bantuan dari kas Desa.. Keren ga tuh ?

Bu Sri Mulyani pun ikut ikutan Gatel untuk ikut juga berselfi ria dengan Kades yang sangat murah senyum ini. Dan senyumnya Kades yang satu ini bisa bikin warga jadi adem(Edi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *