Komandan Lantamal V Hadiri Sarasehan HUT Hiu Kencana ke-59 Tahun 2018

oleh

SURABAYA, rakyatjelata.com – Lantamal V (13/9) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., menghadiri Sarasehan dalam rangka HUT Hiu Kencana ke-59 tahun 2018 yang dilaksanakan di gedung PTA (Panti Tjahaja Armada) Mako Koarmada II Ujung Surabaya, Kamis (13/9).

Acara sarasehan tersebut dihadir Menteri ESDM Ignatius Jonan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono, Asrena Kasal, Aspers Kasal, Aslog Kasal, Pangkoarmada II, Dankodiklatal, Waasrena Kasal, Kadispenal, Kadisopslatal, Kas Koarmada II, Kadisdikal, Danguskamla Koarmada II dan undangan lainnya.

Tampil sebagai pembicara yakni Laksamana TNI (Purn) Prof. DR. Marsetio, Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono, Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., Laksma TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Dr. Ir. Wisnu Wardhana sedangkan Moderator dalam acara tersebut adalah Dr. Aji Soelarso.

Pembukaan Sarasehan diawali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dlanjutkan dengan Menyanyikan Hymne Hiu Kencana serta sambutan Menteri ESDM Ignatius Jonan.

Sebagai Keynote Speaker Kasal menguaung tema “Kebijakan Pembinaan Kapal Selam” yang diawali pemutaran profil tentang peranan kapal selam.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa kapal selam dalan situasi damai digunakan guna pengumpulan data Intelijen dan dalam situasi perang digunakan untuk menghancurkan sasaran lawan.

Orang nomor satu di TNI AL ini juga mengingatkan kepada seluruh hadirin agar jangan sekali kali melupakan sejarah Kapal selam di Indonesia. Perjalanan Kapal selam TNI AL di Indonesia diisi dengan 4 periode.

Kasal juga menyampaikan tentang Perlu dipertimbangkannya perkuatan Industri Pertahanan tentang Kapal Selam.

Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio sebagai penyampaian materi pertama dengan tema “Skuadron Kapal Selam Baru TNI AL dalam Perspektif Pertahanan Regional”.

Penyampaian materi ke-2 oleh Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono dengan tema “Perlunya Pembinaan Prajurit dengan Penugasan Khusus” dan dilanjutkan dengan penyampaian materi ke-3 oleh Laksma TNI Muhammad Ali dengan Tema “Perkembangan Generasi Kapal Selam di Jajaran Armada RI”.

Sarasehan sesi ke-2 menghadirkan Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. dengan Tema “Sistem Pendidikan dan Latihan untuk menyiapkan Generasi Baru Kapal Selam” dan ditutup oleh Dr. Ir. Wisnu Wardhana dengan Tema “Penerapan Teknologi Kapal Selam Generasi Baru melalui Alih Teknologi dari Korea Selatan dan Inovasi Versi Indonesia” sebagai Penyampaian materi ke-5. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *