Kampung Mangga Kang Ebod Destinasi Unggulan.

oleh
KARAWANG – rakyatjelata.com
Desa Sumberjaya terletak di wilayah kecamatan Tempuran yang di pimpin oleh kepala desa yaitu Kades KASMAN yang terkenal dengan panggilan KANG EBOD.
Di kabupaten Karawang sangat terkenal dengan julukan lumbung padi, akan tetapi tanpa kita sadari, selain padi juga ada sebuah desa yang menghasilkan buah mangga, bahkan selama ini masyarakat daerah Karawang mungkin ada yang belum begitu mengenal kalau di kabupaten Karawang ini ada yang namanya Kampung Mangga.

Dan ini di buktikan oleh Kang Ebod, dengan kepemimpinan nya sebagai Kepala Desa, Pria yang gemar berkebun ini selalu ingin memajukan desanya, terutama dengan menciptakan lapangan kerja untuk warganya.

Karena selama ini Desa Sumberjaya kecamatan Tempuran, termasuk desa yang mampu menghasilkan buah mangga yang sangat berlimpah, bahkan ketika musim mangga tiba, bisa menghasilkan buah mangga sampai 150 ton per harinya, Kang Ebod ( Kades) juga sempat memaparkan ke awak media, Minggu,09/09/2018

“saya sebagai kades Sumberjaya akan terus berusaha menjadi pemimpin yang amanah dan peduli akan warga saya dengan adanya Kampung Mangga ini, saya juga secara tidak langsung telah menciptakan lapangan pekerjaan diantaranya petani mangga pada saat panen tiba, dan mereka bisa bekerja buat peti kemas mangga, terus bagian packing juga sampai tokang metik nya semua dari warga saya” tuturnya.

Selain itu kades juga menambahkan “bahkan pada saat panen mangga di Desa kami sampai tidak tertampung, padahal mangga Kang Ebod penjualanya hingga Kramatjati, Muara angke, Cibitung dan Medan.

“Harapan saya agar bisa exspor ke luar negeri mangga saya ini, juga saya masih butuh perhatian dan bantuan dari dinas perdagangan agar Kampung Mangga saya ini bisa sukses dan berhasil” pungkas Kang Ebod.

Di sini sudah terlihat jelas kalau desa Sumberjaya ini merupakan desa penghasil buah mangga yang tidak kalah dengan daerah lain.

tentunya hal ini tak bisa lepas dari peran dinas terkait agar bisa membantu desa Sumberjaya lebih maju lagi. karena tampat ini termasuk satu-satunya desa yang berpotensi menjadi penghasil buah mangga.

Agar kabupaten Karawang tentunya dapat menjadikan Desa Sumbernya sebagai Destinasi bagi para wisatawan asing maupun lokal.(Team Jabar/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *