Batu Nisan Membawa Berkah

by

SURABAYA,rakyatjelata.com- Menjelang bulan ramadhan ini banyak sekali berkah yang terkandung dalam bulan suci ini. Terlepas dari semua itu Anak Anak yang rumahnya di sekitar makam Rangkah Surabaya yang kebanyakan masih berumur belasan tahun menyambut kedatangan bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita. Dengan datangnya bulan Ramadhan berarti datangnya uang buat mereka.

Selasa, 15 mei 2018

Sebelum H- 1 Ramadhan atau yang biasa disebut dengan istilah “Megengan” banyak warga sekitar ataupun luar kota banyak datang untuk berziarah guna mendo’akan para leluhur yang telah mendahului mereka.
Momen inilah yang di manfaatkan oleh anak anak untuk mengais rejeki dari para peziarah. Dengan istilah “Mbersik” yang berarti membersihkan makam.Dalam hal ini anak anak berperan sebagai pembersih rumput yang tumbuh di atas makam kuburan. Bahkan ada yang juga menyiapkan air putih dalam botol aqua guna untuk menyirami makam. Dalam satu kuburan mereka melakukan pembersihan makam bersama antara 3 sampai 4 anak yang melakukan, agar pekerjaan ini serasa menyenangkan sembari bermain.

Robby Sedang Melepas Lelah Setelah “Mbersik” ( Doc. Foto by Kukuh)

Menurut keterangan Roby (12)tahun salah seorang anak warga sekitar ikut ambil bagian dalam momen berharga ini. Dia menjelaskan sudah selama 3 tahun ini ia mengikuti “Mbersik” bersama teman sebayanya. Setelah pulang dari sekolah ia pergi ke makam dengan berbekalkan sapu lidi untuk membersihkan makam.Uang dari hasil “Mbersik” cukup memuaskan sekitar Rp.30.000 hingga Rp.40.000, uang tesebut di dapatkannya sampai jam 4 sore.
Saya tidak pernah menarik tarif untuk “Mbersik”, Seikhlasnya saja orang mau ngasih berapa saya terima, lumayan sambil bermain sekalian saya bisa dapat uang”terangnya”.(Kkh/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *