Rabu , 17 Januari 2018
Home » Pendidikan » Pendidikan Berbasis Tools

Pendidikan Berbasis Tools

JAKARTA, Rakyatjelata.Com – Terlihat secara jelas bahwa di era baru pendidikan saat ini menunjukkan secara jelas bahwa kini pendidikan telah berbasis pada tool. Bahkan kadar tool 100% mewarnai pendidikan. Pengalaman menunjukkan, tanpa tool, pendidikan akan kehilangan bentuknya. Sebagai alat pendidikan, tool membentuk pendidikan menuju tujuan aslinya yakni memanusiakan manusia. Manusia yang memanusia haruslah terbentuk karena tool. Tool terencana, tersusun secara sistematik, membuat pendidikan menjadi efektif dan efisien. Kemanusiaan yang terbentuk oleh tool mendukung Keindonesiaan. Tool menggambarkan Kurikulum pendidikan yang sedang berlaku.

Dalam dunia pendidikan, tool ialah perangkat pembelajaran meliputi: Silabus, RPP, LKS, Program semester dan program tahunan. Perangkat pembelajaran itu merupakan alat atau tool yang paling bertahan lama, meskipun tidak ada aliran listrik di kelas, tool tetap dipakai. Untuk itulah, dalam UU guru tahun 2005, para guru wajib memiliki perangkat pembelajaran demi menyukeskan pertemuan dalam kelas. Bagi seorang guru bahasa, perangkat pembelajaran merupakan alat atau tool yang sangat penting yang memadukan antara kemampuan bahasa lisan dan bahasa grammatik. Diyakini bahwa perpaduan dua kemampuan itu bisa melahirkan transformasi dalam pendidikan.

Tool ialah kreativitas dalam pendidikan. Ini tergantung faktor manusia. Oleh karenanya bagi para guru, teruslah berkreasilah dalam membuat tool yang sebaik-baiknya untuk mendukung pembelajaran dalam dan di luar kelas. Tool yang membaik membantu para siswa/i untuk menumbuhkan daya analisa, daya mencipta dan daya menemukan hal-hal baru. Tool haruslah selalu up to date. Tool tercipta dari pribadi yang hebat dan memiliki daya kreasi yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *